Iklan
=====================================================
=====================================================
=====================================================
[x]
WELCOME TO JAVA ELECTRONIC Selamat Berkarya Nusa Dan Bangsa Bersatu Membangun Negri Tercinta


Mengenal Coil (kumparan)

Selasa, 17 Januari 20120 komentar

Coil
Apakah itu coil (dibaca koil)coil merupakan sebuah kumparan yang terbuat dari kawat yang berisolasi (kawat email).coil juga sering disebut spoel atau induktor.coil dibedakan atas coil berinti dan coil tidak berinti.

Coil yang tidak berinti sering disebut RFC (Radio Frequency Choke).RFC banyak digunakan pada radio pemancar sebagai penahan getaran frekuensi tinggi.bentuk dan simbol RFC dapat dilihat dibawah ini.
Coil berinti ada dua tipe dalam jenis coil jenis berinti ini,coil berinti besi dan coil berinti ferit (ferrite).coil berinti besi sering digunakan pada lampu TL dengan nama perdagangan ballast (sering coil jenis ini disebut trafo,penamaan yang salah).
bentuk coil jenis ini sebagai berikut.

Coil berinti ferit sering kita jumpai pada rangkaian radio yang disebut spoel antena,inti ferit merupakan bahan magnet sejenis keramik.ada dua jenis ferit,yaitu ferit lunak dan ferit keras.ferit yang digunakan untuk inti spoel antena termasuk jenis ferit lunak.ferit lunak dibuat dari nekel-zinc atau manganes-zinc yang dicampur dengan oksida tembaga,oksida megnesium dan cobalt.ferit keras dibuat dari senyawa barium yang dicampur dengan oksida timah hitam,oksida tembaga dan oksida bismuth.ferit keras biasanya digunakan sebagai magnet permanen pada speaker.
Ferit merupakan bahan yang sangat rapuh.oleh karena itu jangan sampai ferit terjatuh,dapat patah.satuan dari induktansi dari suatu coil dinyatakan dalam henri (H).satuan yang lebih kecil dinyatakan dalam milihenri atau mHdan mickrohenri (uH).sekian pembahasan tentang coil semoga bisa kita pahami salam java electronic.

[Java-Electronic]
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Joko-Electronic | Hangat-News | Joko Sugiono
Copyright © 2012. Java-Electronic - All Rights Reserved
Published by Java-Electronic
Proudly powered by Blogger